Posting Terkini :

BLOG KREATIFKU


Ingin Widget ini ?
Klik di sini
Home » » PORSADIN III FKDT GANDRUNGMANGU 2017

PORSADIN III FKDT GANDRUNGMANGU 2017

Rabu, 12 April 2017 | 0 komentar



PEKAN OLAHRAGA DAN SENI ANTAR SANTRI DINIYAH
PORSADIN III
FKDT GANDRUNGMANGU 2017

I.          PENDAHULUAN                                                                                                                                                                                                           
Islam dijadikan oleh Allah SWT sebagai agama yang rahmatan lil 'alamin, dalam ajaranya Islam lebih mementingkan dari segi pendekatan sosial yang di dalamnya benyak mengandung unsur-unsur kesabaran  maupun kebijakan. Dalam kaitanya dengan peranan Islam tersebut, nabi yang di utus oleh Allah pun adalah seorang nabi yang bijak dalam mengambil keputusan meskipun ada beberapa sifat yang memang sudah di jaga oleh Allah SWT.
Salah satu ciri yang membedakan Islam dengan agama lainnya adalah penekanannya terhadap masalah ilmu pengetahuan. Islam sangat memperhatikan aspek ini karena berkaitan langsung dengan kebutuhan dan peningkatan taraf hidup manusia, pembentukan peradaban dan lain sebagainya. Al-Qur’an mengajak kaum muslimin untuk mencari, mendapatkan, dan mengkaji ilmu dan kearifan serta menempatkan orang-orang yang memiliki pengetahuan tinggi pada derajat yang sangat tinggi. Islam menempatkan ilmu pada posisi yang sangat penting, sehingga mencari ilmu itu hukumnya wajib. Islam juga mengajarkan bahwa dalam menuntut ilmu berlaku prinsip tak mengenal batas – dimensi – ruang dan waktu. Artinya di manapun dan kapanpun (tidak mengenal batas tempat dan waktu) kita bisa belajar. (Heri Jauhari Muchtar, 2005: 13)
Dalam hal pendidikan Islam juga dikuatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional yang mengamanatkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk menjadi bangsa yang bermartabat dibutuhkan orang-orang yang mempunyai karakter yang baik juga memepunyai pengetahuan akademis yang tinggi pula, untuk itu pembentukan kemampuan harus dilakukan sejak awal sehingga membentuk generasi-generasi yang tidak hanya berilmu pengetahuan namun juga mempunyai kemampuan untuk mengaplikasikan secara nyata.
Dalam kaitanya dengan membentuk karakter anak dan memberikan stimulasi kepada mereka bahwa pendidikan agama sangat membantu menguatkan karakter anak. Maka untuk menumbuhkan minat anak-anak tersebut. Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Kecamatan Gandrungmangu mencoba menggagas dengan mengadakan Pekan Olahraga Dan Seni antar Madrasah Diniyah (PORSADIN III) agar dapat membantu mewujudkan generasi yang berkarakter dan mempunyai talenta untuk berkompetisi dengan santri-santri antar Madrasah Diniyah se-Kecamatan Gandrungmangu. Dengan tema “PORSADIN III Kecamatan Gandrungmangu sebagai bentuk aplikasi pendidikan karakter anak” harapan besar dari para pengurus diniyah agar acara ini dapat berkesinambungan dan memberikan input yang baik bagi pembentukan karakter generasi bangsa kedepan.

II.       DASAR KEGIATAN
Adapun Dasar diadakannya Pekan Olahraga Dan Seni antar Madrasah Diniyah antara lain :
1.        Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.        PP Nomor 55 tahun 2007
3.        Program Kerja Tahunan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Kecamatan Gandrungmangu
4.        Hasil musyawarah seluruh kepala diniyah takmiliyah se Kecamatan Gandrungmangu

III.    NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Adapun nama kegiatan ini adalah Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN III) se Kecamatan Gandrungmangu dengan tema “PORSADIN III sebagai bentuk aplikasi pendidikan karakter anak Menuju Gandrungmangu Maju, Sejahtera dan Ihsan”.

IV.    BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan ini adalah lomba antar santri Madrasah Diniyah se-Kecamatan Gandrungmangu yang diawali dengan Pawai Ta’aruf antar Guru dan Santri Madrasah Diniyah se Kecamatan Gandrungmangu.

V.        TUJUAN KEGIATAN
Adapun tujuan dilaksanakanya kegiatan ini adalah :
1.      Sebagai ajang penguatan bakat santri Madrasah Diniyah se Kecamatan Gandrungmangu
2.      Sebagai forum silaturrahim antara santri dan guru diniyah se-Kecamatan Gandrungmangu
3.      Meningkatkan daya saing positif antar madrasah diniyah se-Kecamatan Gandrungmangu dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah diniyah baik akademik maupun non akademik.

VI.    PESERTA
Peserta lomba dan seni antar diniyah ini adalah santri madrasah diniyah dari Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah se Kecamatan Gandrungmangu yang diikuti oleh santri putra-putri masing-masing diniyah untuk satu perlombaan mengutus satu orang santri terkecuali untuk lomba yang beregu.

VII.  PENYELENGGARA KEGIATAN
Pelaksana kegiatan ini adalah panitia dari anggota dan pengurus madrasah diniyah yg diberikan mandat oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kecamatan Gandrungmangu.

VIII.   WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Acara ini dilaksanakan pada :
ü  Hari/tanggal              : Ahad, 23 April 2017
ü  Tempat                      : MADIN Baitul Muta’alim MI Ma’arif NU 11 Bulusari
ü  Waktu                       : 08.00 WIB s/d selesai

IX.    JENIS DAN KRITERIA PERLOMBAAN
Jenis perlombaan yang diikutkan pada Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah ini adalah sebagai berikut :

1   Tahfid Juz ‘Ama Putra dan  Putri
2   Cerdas Cermat Diniyah (CCD) Putra dan  Putri
3   Pidato Bahasa Arab Putra dan  Putri
4   Pidato Bahasa Indonesia Putra dan  Putri
5   Kaligrafi Putra dan  Putri
6   Murotal Wal Imla Putra dan  Putri
7   Musabaqoh Tilawatil Qur’an  Putra dan  Putri
8   Musabaqoh Qiro’atul Kutub Putra dan  Putri
9   Puisi Islami Putra dan  Putri
10 Tahfid ‘Aqidatul Awam Putra dan  Putri
11 Atletik Lari 60 m Putra dan  Putri
12 Futsal  Putra
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AHMAD MAHRUM

KREASIKU

 
Support : Creating Website | Ahmad Mahrum | Mahrum Design
Copyright © 2014. BUNGA SYAFAAT - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger