Posting Terkini :

BLOG KREATIFKU


Ingin Widget ini ?
Klik di sini
Home » » PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) STAIMA - BANJAR

PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) STAIMA - BANJAR

Jumat, 26 Desember 2014 | 0 komentar



URGENSI PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)


1.      Latar Belakang
Jurusan Tarbiyah, merupakan salah satu jurusan di lingkungan STAIMA Banjar, bertujuan untuk mempersiapkan tenaga ahli dan meningkatkat kompetensi serta profesionalitas dalam bidang kependidikan Islam, yaitu Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI).
Tugas tersebut dapat dilakukan secara profesional, apabila mahasiswa dibekali dengan seperangkat ilmu maupun pengalaman baik bersifat teoritis maupun praktis. Pengalaman teoritis telah dibeikan dalam berbagai ilmu seperti ilmu agama Islam, ilmu bahasa, ilmu kependidikan, psikologi, ilmu keguruan, serta ilmu penunjang lainnya. Sedangkan ilmu penunjang praktis diberiakn melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kulminasi atau muara program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran. Selain itu, PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman pembelajaran, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah-masalah kependidikan.
Dengan demikian, pelaksanaan PPL melibatkan banyak pihak, yakni: lingkungan sekolah/madrasah, kepala sekolah/madrasah, guru pamong, DPL, dan mahasiswa. Keterlibatan berbagai pihak tersebut berpotensi menimbulkan terjadinya perbedaan persepsi dalam menangani pelaksanaan PPL. Untuk itu diperlukan pedoman pelaksanaan PPL agar semua pihak yang terlibat memiliki kesamaan persepsi yang pada akhirnya dapat mewujudkan proses dan hasil PPL yang diharapkan.
Dalam peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan khususnya terkait dengan penjelasan pada Bab V Pasal 26 Ayat 4 yang berbunyi ”Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan tinggi bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan, keterampilan, kemandirian dan sikap menemukan, mengembangkan, serta menerapkan ilmu, teknologi, dan seni yang bermanfaat bagi kemanusiaan. ”Di samping itu, pada Bab VI Pasal 28 Ayat 1 berbunyi ”Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan Nasional.”Penyelenggaraan PPL secara terpadu juga mengacu pada Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, yakni empat kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.
Pelaksanaan PPL harus memberikan kesempatan agar terjadi interaksi-interaksi tersebut yang menumbuhkembangkan kompetensi yang dimilki oleh seorang calon guru. PPL diselenggarakan oleh kebanyakan LPTK dilaksanakan secara individual, yaitu seorang mahasiswa/Praktikan mempersiapkan administrasi pembelajaran dan mengimplementasikannya secara mandiri di bawah bimbingan guru pamong dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). PPL mahasiswa didesain untuk membangun kebersamaan  mahasiswa/Praktikan dalam melaksanakan PPL.
Dalam kebersamaan ini diharapkan terjadi sharing pengalaman pengetahuan dalam menyusun persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Kebersamaan ini tidak akan mengurangi kemandirian Praktikan, karena Praktikan tetap menyusun administrasi pembelajaran secara mandiri, demikian pula harus memperbaikinya berdasarkan hasil diskusi/pembahasan yang telah dilakukan. Dengan adanya kegiatan observasi akan memberikan kesempatan kepada Praktikanuntuk berlatih dan mengevaluasi pembelajaran yang di dalamnya tersirat adanya keterampilan mengumpulkan data, mengolah dan mengemukakan hasilnya. Kemampuan ini sangat penting bagi guru dalam menjalankan tugasnya sehari-hari untuk senantiasa memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajarannya yang didasarkan pada hasil observasi.
Dengan demikian, pelaksanaan PPL merupakan wahana pembentukan calon guru yang santri dan profesional dengan mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam Praktik keguruan yang pada akhirnya bisa terampil dalam mengobservasi kegiatan pembelajaran, mengolah hasil observasi dan menyampaikannya secara sistematis.

2.      Tujuan PPL
Melalui kegiatan PPL, mahasiswa diharapkan mampu :
a)         Tujuan umum :
Melakukan pemantapan kemampuan akademik calon guru
b)        Tujuan khusus :
1)   Terampil dalam mengobservasi kegiatan pembelajaran, mengolah hasil observasi dan menyampaikannya secara sistematis
2)   Menemukan permasalahan yang menghambat pembelajaran di kelas dan mengatasi permaslahan pembelajaran tersebut secara individu atau kelompok
3)   Mendalami karakteristik dari peserta didik dalam rangka memotifasi belajarnya
4)   Menyusun aadministrasi pembelajaran yang baik dan mampu mengimplementasikannya.
5)   Melakukan pembelajaran yang berorentasi pada peserta didik dalam mengembangkan potensinya.
6)   Menerapkan pembelajaran inovatif, yang bertolak dari suatu permasalahan pembelajaran.
7)   Melakukan evalusi proses dan hasil pembelajaran.
8)   Mampu mengkomunikasikan proses dan hsil pembelajarannya secara lisan dan terulis.
9)   Mampu bekerjasama dalam mengembangkan kepribadiannya sebagai guru.

3.       Manfaat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Hasil dari pelaksanaan PPL ini akan memberikan manfaat bagi berbagai pihak seperti siswa, gurun dosen, dan juga bagi sekolah yang bersangkutan. Berikut ini manfaat dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) antara lain  dilakukan agar dapat bermanfaat bagi penulis juga bagi orang lain  ataupun dunia akademik, adapun manfaat dari Praktik Pengalaman Lapangan ini yaitu :
a)      Manfaat Akademis
Sebagai salah satu syarat untuk mencapai kebutuhan studi pada Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al-Azhar (STAIMA) Citangkolo - Kota Banjar
b)      Manfaat Teoritis
1)   Secara teoritis hasil pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan dapat memberikan  manfaat bagi khasanah ilmu pengetahuan, akademisi serta mengembangkan konsep-konsep pendidikan dan tehnologi pada  lembaga pendidikan.
2)   Hasil pelaksanaan PPL ini diharapkan dapat memotivasi guru lain untuk mengembangkan proses pembelajaran lebih lanjut tentang hal-hal yang belum terungkap dalam tujuan dan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan.
c)      Manfaat Praktis
1)      Hasil pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan dapat memberikan input atau bahan masukan bagi kepala sekolah, guru, dan siswa/siswi SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu.
2)      Hasil pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan sebagai bahan masukan bagi pihak pemerintah dalam hal ini lembaga pendidikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan yang lebih konstruktif terhadap kemajuan pendidikan.
3)      Hasil pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan sebagai bahan masukan bagi dosen untuk memberikan materi perkuliahan yang lebih baik dan efektif kepada mahasiswa selaku calon guru yang tentunya sesuai dengan keadaan di lapangan.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AHMAD MAHRUM

KREASIKU

 
Support : Creating Website | Ahmad Mahrum | Mahrum Design
Copyright © 2014. BUNGA SYAFAAT - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger